Jumat, 23 Desember 2011

Lucid Dream




Akhir-akhir  ini gue lagi mencari tahu lebih dalam sesuatu hal yang menurut gue keren. Gue secara ga sadar sering melakukan ini tapi gue ga tahu kalau ada forum-forum atau artikel-artikel yang membicarakan tentang itu udah banyak banget.

Lucid Dream.. Mungkin ada yang pernah denger sebelumnya, tapi buat yang belum tau gue jelasin dikit apa itu lucid dream. Lucid dream seperti arti bahasa Indonesianya ialah sebuah mimpi tapi sangat jauh berbeda dari mimpi bisanya. So apa yang ngebedain? ??.. dalam lucid Dream lo bisa mengendalikan mimpi sesuka lo, lo bisa mengatur mimpi, lo bisa buat diri lo ada dimana aja, lo bisa ketemu siapa aja orang yang pengen lo temuin, lo bisa nglakuin apa aja, ya karna emang itu mimpi lo sendiri. Satu hal yang benar –benar menjadi ciri khas dari lucid dream adalah di dalam mimpi, lo sadar kalo lo lagi mimpi. Disitulah asyiknya lucid dream.

Mungkin buat yang pernah nonton film inception yang dibintangi leonardo di caprio udah dapet gambaran apa itu lucid dream, kalo belum nonton coba deh ditonton dulu. Secara logika manusia,  pastinya banyak orang yang ga percaya kalau apa yang terjadi di film tersebut bisa terjadi di dunia nyata. Ga sedikit juga orang yang menganggap film itu hanya sekedar hiburan yang bertemakan fantasi semata. Tapi coba lo bayangin, asyik ga sih kalo apa yang terjadi di film inception itu bener-bener bisa terjadi di dunia nyata. Dan faktanya, hal itu memang bisa dilakukan.

Ada beberapa tahapan sebelum lo bisa melakukan yang namanya lucid dream.  Gue sendiri secara teori paham banget cara-caranya, tapi kalo boleh jujur secara praktek belum bisa mengendalikan penuh diri gue yang ada dalam mimpi.  Okeh, disini gue bakal sharing sedikit langkah-langkah apa yang gue tau buat ngdapetin lucid dream.

Pertama-tama yang paling dasar dulu, dari pengalaman gue dan dari artikel-artikel yang gue baca juga , untuk mendapatkan lucid dream sebaiknya jadwal tidur lo dimajuin deh. Mungkin bagi anak-anak muda yang biasa begadang ga asik banget kalo tidur jam 8 atau jam 9, pasti lo nganggep masih siangan, oke oke. Kenapa mesti begitu, karna mimpi itu ada siklusnya men. Ada proses-proses yang bakal terjadi selama lo tidur, saat dimana mimpi mulai muncul, saat mimpi mulai pudar, trus muncul lagi, dst. Waktu tidur lo dimajuin biar proses tersebut berjalan dengan baik, dimana dianjurkan buat lo untuk bangun 1 atau 2 jam sebelum waktu lo bangun seperti biasa. Maksudnya gini, kalo lo biasa bangun jam 5, diusahain lo bangun jam 3 atau jam 4 lah. Nah saat lo bangun itu lo coba untuk duduk dulu deh lo inget-inget mimpi lo sebelum bangun itu,  minum air dulu kek, trus balik lagi tidur. Saat balik lagi tidur itu lah usahakan lo trus mengingat mimpi lo sebelumnya sambil memikirkan, “ gue bakal melakukan lucid dream, gue bakal melakukan lucid dream, gue bakal melakukan lucid dream”, dan jangan lupa jaga kesadaran lo. Biasanyanya saat-saat kaya gitulah kita gampang banget ngdapetin lucid dream.

Sory sebelumnya penjelasan gue kurang sistematis, selanjutnya tahap sebelum memasuki dunia mimpi. Usahakan lo tidur dalam keadaan rileks, ga pake baju yang ketat, longgar aja, ciptain suasana yang nyaman buat lo. Pikirkan dan rasakan satu per satu anggota tubuh lo dari ujung kaki naik ke betis ke paha, badan, lengan, leher, buat anggota tubuh lo ngrasa rileks, satu-persatu sampai kepala. Rasakan getaran yang terjadi, rasakan dan jangan biarkan sesuatu terjadi merusak kosentrasi dan kerileksan lo sampe semuanya buyar. Kalo lo udah melakukan dengan benar lo bakal ngalamin sleep paralisys. Lo bakal ngerasa tertindih kaya ga bisa begerak, nafas lo perlahan-lahan mulai melambat, pertahankan posisi tersebut nikmati prosesnya. Pikirkanlah warna-warna, merah, kuning, ijo,biru segala macem supaya kesadaran lo tetep terjaga, atau bisa juga dilakukan dengan membayangkan sedang menaiki tangga atau menghitung domba yang melompat.

Masuki pikiran alam bawah sadar, perlahan lahan lo bakal memasuki ruang gelap dan bakalan muncul yang namanya mimpi, kalo lo masih dalam keadaan sadar baru itu dinamakan lucid dream. Terkadang saat lo masih dalam keadaan mimpi, lo memimpikan diri lo udah bangun dari tidur padahal itu masih di dalam mimpi, gue sering banget mengalaminya, itu namanya “false awakening”. Jangan sampai terjebak dengan “false awakening”. Biasakanlah memeriksa apakah diri lo lagi mimpi atau ngga, cara yang paling gampang ya memeriksa jam, kalo jarum jamnya ga bergerak berarti lo masih di dalam mimpi. Sering-sering lah memeriksa keadaan apakah lo masih di dalam mimpi atau engga meskipun lo tau jelas-jelas lagi di dunia nyata. Hal ini berguna karna kalo kita udah terbiasa melakukan hal itu, kita bisa juga melakukan itu dalam mimpi, sehingga kita bisa tau lagi di dalam mimpi atau tidak.

Kalo dari buku dan artikel-artikel yang gue baca, dianjurkan supaya lo membuat yang namanya buku harian lucid dream. Kalo lo tiba-tiba terbangun tengah malem, usahain dicatet dulu apa aja mimpi lo, baru tidur lagi. Itu berguna supaya kita mudah mendapatkan kembali lucid dream sebelumnya, supaya kita bisa kembali ke skenario yang udah kita buat sebelumnya.

Buat tambahan aja usahain sebelum tidur lo makan pisang dulu, karna di dalem pisang ada zat-zat yang ngbuat otak jadi mudah bemimpi.

Mungkin itu dulu yang bisa gue share k lo semua, Cuma sekedar penjelasan singkat apa itu lucid dream. Rasakan sensasinya bro!!

2 komentar: